Penyair (Asy-Syuara)

Kehidupan manusia modern saat ini mau tidak mau tidak bisa dilepaskan dari lagu dan musik.  Handphone ada musiknya, Komputer ada musiknya, kalau tidak ada musiknya, ya kurang gimana gitu lho.

Lagu dan Musik memang dapat memperkaya jiwa dan bahkan menjadi memori yang melekat dengan peristiwa. Bahkan yang luar biasa, musik dapat mengubah mood atau kejiwaan seseorang.

Musik yang syahdu bisa mengharu biru, musik yang menghentak bisa membuat kita bersemangat. Bahkan psikolog atau dokterpun menggunakan musik sebagai salah satu metoda terapi untuk penyembuhan fisik maupun jiwa.

Allah yang Maha Mengetahui tentunya paham tentang konteks ini. Makanya dalam Al Qur’an ada satu surat yang khusus membahas tentang Penyair yaitu Qur’an surat Asy Syu’ara (Para Penyair).

Penyair yang baik akan memilih kata-kata yang baik yang akan membawa manusia kepada pemahaman tentang keagungan sang pencipta atau memahami makna kehidupan.

Penyair yang jahat akan membius manusia sehingga terbawa pada hawa nafsu. Yang lebih bahaya jika para penyair berkolaborasi dengan penguasa dan pengusaha. Mereka akan memperbudak manusia agar tunduk kepada kehendak mereka dan membiarkan hawa nafsu menguasai alam bawah sadar manusia. Akibatnya manusia kehilangan jati dirinya yang bernilai tinggi di atas makhluk lain.

Mari jadikan syair dan musik sebagai bagian dari kehidupan untuk mengangkat diri kita menjadi makhluk yang sempurna…….

This entry was posted in 1. Bookmark the permalink.

2 Responses to Penyair (Asy-Syuara)

  1. puisicintaku says:

    ya, setuju. ..
    salam kenal dari saya

  2. frans says:

    ya, setuju.
    salam kenal dari saya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s