Dari Penulis

 

Puji syukur bagi Allah Robbul ‘aalamin yang telah memberikan nikmat dan karuniaNya berupa kesempatan kepada hambaNya untuk mengunjungi Baitullah di Tanah Suci. Shalawat dan salam semoga terlimpah bagi Rasulullah Muhammad Saw, para sahabat dan pengikutnya hingga akhir jaman.

Perjalanan melaksanakan ibadah haji adalah pengalaman tak terlupakan yang menyisakan kesan mendalam di hati sanubari. Berdasarkan apa yang disaksikan dan dirasakan, penulis mencoba menguraikan pengalaman tersebut dalam rangkaian kata dan gambar agar dapat dinikmati oleh saudara-saudara seiman dan tidak lekang dimakan zaman.

Tulisan ini diharapkan agar dapat menjadi dorongan dan bekal bagi mereka yang belum berhaji sehingga dapat melaksanakan ibadah haji dengan lebih baik, sedangkan bagi para Hujjaj diharapkan dapat menyegarkan kembali momen-momen haji sehingga maknanya selalu membayangi setiap langkah kehidupan.

Prosesi ibadah umrah dan haji diuraikan secara kronologis disertai tinjauan sejarah, hikmah, teladan dan makna yang terkandung. Penulis menyertakan gambar, diagram, dan foto yang diharapkan dapat bercerita lebih banyak dibandingkan sekedar untaian kata, karena sebuah gambar dapat mewakili sejuta kata.

Penulis memaparkan juga kiat-kiat pasca melaksanakan ibadah haji untuk menjamin kemabruran haji yang seharusnya tidak hanya nampak saat menjalankan ritual haji di tanah suci, namun harus berbekas dalam kehidupan sehari-hari sebagai aplikasi dari hikmah dan keutamaan ibadah haji.

Tulis ini sendiri tidak sepenuhnya merupakan hasil pemikiran penulis, banyak diantaranya merupakan cuplikan dari berbagai buku (antara lain Makna Haji-Ali Syariati dan Antar aku ke Tanah Suci-Miftah Faridl) serta dari berbagai tulisan-tulisan di internet.

Terima kasih kepada ayah bunda (H. Amung Surmana dan Hj Suparsih) yang pada saat menunaikan ibadah haji tahun 1990 telah mendoakan putranya agar dapat melaksanakan ibadah haji sebagaimana yang telah mereka laksanakan. Alhamdulillahi robbil ‘aalaminn, doa keduanya dikabulkan Allah selang 17 tahun kemudian. Benarlah janji Allah bahwa apabila kita berdoa kepadaNya, maka Insya Allah doa kita akan terkabul cepat atau lambat, atas ijin dari Allah.

Terima kasih juga kepada Istri Tercinta, Hj Dini Mardiani yang telah bersusah payah mengupayakan keberangkatan haji pada tahun 2007. Betapa berliku perjuangan yang harus dilalui untuk mendapatkan kepastian keberangkatan, menyiapkan perbekalan serta menjadi pendamping setia selama perjalanan haji.

Pertama kali mencanangkan ibadah haji tahun 1997 akhirnya tahun 2006 kami mendaftarkan diri ke Kantor Departemen Agama, namun quota haji untuk DKI Jakarta sudah penuh sehingga niat berhaji baru terlaksana pada tahun 2007. Ternyata walaupun secara fisik, mental dan finansial kita sudah siap dan mampu, namun tanpa ijin Allah, rencana berhaji belum tentu bisa terwujud. Yang terpenting adalah harapan yang selalu dijaga agar Allah bersedia menerima kita di RumahNya.

Tak lupa rasa terima kasih kepada para sahabat yang telah memberikan inspirasi dan semangat sehingga memungkinkan tersusunnya tulisan ini, khususnya kepada:

  • H. Bambang Subekti, H. Wawan Darmawan, Nandar Suhendar, H. Artono Wakidjo, H. Abdus Somad Arief, dan H. Ilmianto atas inspirasi dan sharing pengalamannya;
  • H. Agus Rohmat, H. Sawung Gogor, H. Helmi Adam, dan H Aunur Rofiq (Opick) atas diskusi dan kebersamaan selama melaksanakan Haji;
  • Pengurus dan Muthawwif BPIH NRA atas pelayanannya selama melaksanakan ibadah haji.

Akhir kata, mohon maaf bila dalam penulisan ini ada kesalahan dan kekurangan yang semua itu tidak lepas dari kelemahan manusia sebagai hambaNya yang tidak sempurna. Semoga bermanfaat dan diterima Allah swt sebagai setetes amal jariah untuk kemaslahatan kaum muslimin.

Jakarta, 29 Februari 2008

Wassalam,

Dudy Effendi

This entry was posted in HAJI, Islam and tagged , , . Bookmark the permalink.

One Response to Dari Penulis

  1. BPIH NRA alamat lengkap berikut no tlp nya bisa dikirimkan melalui email, thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s