PENUTUP

Demikianlah sekilas catatan yang diperoleh dari pengalaman melaksanakan ibadah haji. Semoga bermanfaat dan menjadi dorongan bagi pembaca untuk segera menyambut panggilan Allah ke tanah suci.

Setiap jamaah haji mendambakan haji mabrur, walaupun disadari sulit karena menjadi rahasia Allah siapa-siapa yang mendapatkannya. Namun yang jelas buah dari Haji mabrur adalah menguatnya iman dan meningkatnya ibadah dan amal saleh dalam arti seluas-luasnya, sehingga keadaaan para Hujjaj setelah menunaikan ibadah haji jauh lebih baik dari keadaan sebelumnya.

Kemabruran haji harus terus dijaga dan dipelihara sepanjang hidup dengan menjadi penganjur, pelopor dan pelaku kebaikan sekaligus pelayanan masyarakat.

Dengan memelihara kemabruran haji di tengah keluarga dan masyarakat diharapkan akan terbentuk keluarga syakinah dan masyarakat madani dan negeri baldatun thoyyibatun wa robbun ghafur yang didalamnya diamalkan segenap firman Allah sehingga mengangkat derajat ummat manusia sebagai Khalifah Allah yang melebihi semua makhluk sesuai fitrahnya.

Ya Allah,
Puji syukur untukMu yang telah menghantarkanku ke RumahMu. Ampunilah dosa-dosaku dan dosa kedua orangtuaku. Jadikanlah aku Haji yang Mabrur dan masukkanlah aku ke dalam SyurgaMu yang telah Engkau janjikan melalui perantaraan RasulMu.

Ya Allah,
Angkatlah Derajatku menjadi orang-orang yang bersama Rasul-rasulmu, para shalihin, Shadiqin dan syuhada.

This entry was posted in HAJI, Islam and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s